Jumat, 23 Agustus 2019

ETNOBOTANI : Penggunaan senyawa bahan alam dalam kehidupan sehari-hari ( handbody lotion)

ETNOBOTANI : Penggunaan senyawa bahan alam dalam kehidupan sehari-hari ( Handbody Lotion)

Etnobotani merupakan suatu ilmu yang membahas tentang keterkaitan manusia dengan lingkungan sekitar, diantaranya pemanfaatan tumbuh-tumbuhan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.  Baik sebagai bahan makanan, obat-obatan maupun kecantikan.
Lotion merupakan salah satu jenis kosmetik yang dapat dimanfaatan untuk kesehatan kulit, baik untuk melembutkan maupun untuk mencerahkan kulit. Biasanya mengandung bahan yang tidak larut dan tersuspensi ataupun berupa larutan. Dalam kehidupan sehari-hari lotion yang biasa digunakan yaitu dikenal dengan handbody lotion yang dapat mengandung berbagai bahan alam seperti tumbuhan dan buah-buahan, diantaranya ada yang mengandung susu, bengkoang, jeruk, alpukat, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini saya akan membahas handbody lotion citra natural white UV. 
Adapun kandungan alami yang terdapat didalam handbody lotion citra natural white UV adalah sebagai berikut:
1.      Bengkoang
Dari zaman dahulu bengkoang dipercaya dapat memutihkan kulit. Bengkoang mengandung beberapa zat kimia yaitu falvonoid, vitamin C, dan saponin.
·         Falvonoid merupakan senyawa yang tersusun atas 15 atom karbon yang tersebar pada tumbuhan. Falvonoid dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, diantaranya dapat mengurangi resiko penyakit kanker, diabetes, hipertensi, dan memperbaiki sel yang rusak akibat paparan radikal bebas.
·         Vitamin C merupakan antioksidan alami yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh dari gangguan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga salah satu jenis vitamin yang larut didalam air sehingga bisa dicampurkan dengan bahan lainnya dalam handbody lotion.
·         Saponin merupakan senyawa glikosida amfipatik, artinya ia dapat mengeluarkan busa jika tidak cocok dalam suatu larutan. Saponin berfungsi sebagai antimikroba.
2.      Mineral
Mineral sangat dibutuhkan oleh manusia, dimana ia berperan untuk mencegah kerusakan kulit akibat dehidrasi.
3.      UVA & UVB Protection
Penyakit kulit bisa juga disebabkan oleh sinar ultraviolet. UVA dapat memancarkan 95% radiasi dari radiasi UV yang sampai pada permukaan bumi.

Permasalahan :
1.  Mengapa dalam penggunaan produk handbody lotion penting untuk mengetahui kandungannya terlebih dahulu?
2. Bagaimana efek samping yang akan ditimbulkan jika suatu handbody lotion tidak cocok dengan kulit seseorang?
3.   Bagaimana falvonoid dapat berfungsi sebagai antioksidan?


3 komentar:

  1. Nama : yossy mahardani
    Nim : A1C117034
    Saya akan mencoba menjawab permasalhan no 3. Flafonoid memiliki didalamnya senyawa ikatan karbon sebanyak 15 hal tersebut menjadikan nya anti radikal. Sehingga dengan hal tersebut dapat mengurangi radiasi yang ada, dapat dikatangan flafonoid memiliki kemanpuan antioksidan yg baik. Semoga dapat membantu

    BalasHapus
  2. hallo vinni...
    perkenalkan nama saya cindy felia agam dengan nim A1C117046
    kandungan zat kimia yang berbahaya yang terdapat pada bodylotion adalah DMDM Hydantoin adalah salah satu tipe pengawet formaldehyde yang banyak body lotion.
    jadi efek samping yang ditimbulkan pada saat kulit seperti iritasi kulit kayak terasa gatal, kemerahan ataupun bisa juga kulit kita terasa kayak terbakar karena itu tadi kita memiliki kulit yang sensitif sehingga jika ingin memilih bodylation memang benar benar produk tertentu agar nantinya kulit kita merasa cocok memakai bodylotion tersebut .

    semoga membantu ya..
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya melisa oktapiani dengan NIM (043)igin menjawab pertanyaan no 1. Menurut saya sebelum menggunakan handbody lotion kita harus mengetahui terlebih dahulu kandungan yang dimiliki dalam handbody tersebut. Apakah kandungan dalam handbody loion tersebut sesuai dengan kebutuhan kita dan apakah cocok untuk digunakan pada kulit kita atau tidak sehingga tidak menimbulkan efek samping yang tidak kita inginkan.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

1.       Asam basa Bronsted-Lowry. Menurut bronsted-lowry, asam adalah senyawa yang dapat menyumbangkan proton (H + ), sedangkan basa ...