Sabtu, 19 Oktober 2019

Karakteristik Senyawa Organik Bahan Alam

Senyawa bahan alam merupakan hasil metabolisme organisme hidup baik tumbuhan, hewan, dan sel. Senyawa bahan alam dapat dibagi menjadi kedua kelompok, yaitu  berupa metabolit primer dan sekunder.
Metabolit primer merupakan senyawa yang terlibat dalam proses metabolisme makhluk hidup atau senyawa yang memang terdapat pada setiap makhluk hidup, diantaranya yaitu, karbohidrat, protein, asam amino, dan lipid yang mempunyai fungsi tertentu didalam proses makhluk hidup tersebut. Sedangkan metabolit sekunder merupakan hasil samping dari reaksi metabolisme makhluk hidup dan tidak sama dalam setiap organisme hidup. Pada tumbuhan, metabolit sekunder ini dapat berfungsi untuk menjaga tumbuhan dari serangan hama dan berfungsi sebagai pelindung . Contohnya yaitu terpenoid, steroid, flavonoid, dan alkaloid.
Karakteristik senyawa metabolit primer yaitu:
a)      Tersebar merata dalam tiap organisme hidup
b)      Memiliki fungsi universal, sebagai sumber energi,enzim perkembangbiakan, serta bahan struktur
c)      Memiliki perbedaan struktur kimia yang tidak banyak
d)     Produk yang dihasilkan sama pada setiap organisme
e)      Fisiologisnya berkaitan dengan struktur kimia
Karakteristik senyawa metabolit sekunder yaitu:
a)      Tidak semua tumbuhan mempunyai metabolit sekunder, hanya tumbuhan khas
b)      Berfungsi sebagai pertahanan diri bagi tumbuhan
c)      Mempunyai struktur kimia yang berbeda
d)     Produk dari proses metabolismenya tergantung pada tumbuhan atau hewan itu sendiri.
e)      Fisiologisnya tidak berkaitan dengan struktur kimianya.
Senyawa bahan alam lebih diidentikkan atau lebih banyak membahas senyawa metabolit sekunder, karena senyawa metabolit sekunder tidak hanya bermanfaat bagi tumbuhan atau hewan, namun juga memiliki pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia. contohnya alkaloid banyak di manfaatkan dalam bidang industri dan obat-obatan. Di kehidupan sehari-hari kita seringkali menemukan tanaman yang mempunyai senyawa metabolit sekunder. Untuk mengisolasi kandungan metabolit sekunder dalam suatu bahan alam agar bisa dimanfaatkan dalam kehidupan, dapat dilakukan dengan cara skrining fitokimia.
Permasalahan:
  1. Mengapa senyawa metabolit sekunder ini sangat penting bagi kehidupan, jika tidak ada apa yang akan terjadi?
  2. Didalam kehidupan sehari-hari ada banyak tumbuh-tumbuhan yang mempunyai kandungan metabolit sekunder. Uji fitokimia bagaimana yang bisa kita lakukan untuk mengetahui khasiat metabolit sekunder yang ada dalam tumbuhan tersebut?
  3. Mengapa senyawa metabolit sekunder lebih banyak ditemukan pada tumbuhan dibandingkan hewan?

3 komentar:

  1. Saya Siti May Saroh dengan NIM A1C117048 akan mencoba menjawab permasalahan nomor 2. salah satu uji fitokimia untuk tumbuhan bisa kita lakakan salah satunya dengan uji alkaloid, uji saponin dll. biasanya untuk mengetahui apakah itu alkaoid, saponin dll bisa direaksikan dengan pereaksi tertentu. jika sudah mengetahui secara pasti apakah itu alkaloid atau lainnya, maka kita bisa mengetahui masing - masing khasiatnya. semoga membantu :)

    BalasHapus
  2. Hai Vinni..
    saya akan membantu menjawab permasalahan nomor 1, dimana senyawa metabolit sekunder ini sangat penting didalam kehidupan seperti pembuatan obat-obatan, sebagai peptisida dan insektisida, dapat digunakan juga dalam memproduksi sabun, parfum, minyak herbal dan lainnya. jika tidak ada senyawa metabolit sekunder maka obat-obatan tidak dapat dibuat secara alami dan dalam memproduksi sabun, parfum dan minyak herbal juga tidak dapat dibuat secara alami yang terdapat didalam tumbuhan tertentu.

    BalasHapus
  3. No.3 Karena pada tumbuhan memiliki komponen non protoplasma yang didalamnya tetdapat benda ergastik yang terdiri dari makanan, produk sekret, dan produk buangan. Dimana pada tumbuhan produk buangannya lebih besar dibandingkan dengan hewan.

    BalasHapus

Kekuatan Asam dan Basa dalam Kimia Organik

1.       Asam basa Bronsted-Lowry. Menurut bronsted-lowry, asam adalah senyawa yang dapat menyumbangkan proton (H + ), sedangkan basa ...